PENTINGNYA MEMPERHATIKAN KOLESTEROL DAN MENURUNKANNYA



PENTINGNYA MEMPERHATIKAN KOLESTEROL DAN MENURUNKANNYA

 

Sebaiknya bila anda sudah merasa menderita kolesterol dan tensi darah anda tinggi segera anda turunkan sebelum menimbulkan serangan penyakit yang berbahaya seperti jantung,darah tinggi,diabetes dan stroke. Namun cara menurunkannya tidak semudah dengan pengaturan makan dan rajin olahraga aja kalau seperti itu bukanlah menurunkan kolesterol tapi memaksa tubuh anda dan bisa-bisa anda terkena sakit mendadak.

Kolesterol yang tinggi jika tidak cepat di atasi akan menjadi penyebab adanya penyakit jantung serta stroke. Hal tersebut dikarenakan kolesterol menghambat bahkan menutup aliran darah. Aliran darah dan oksigen tidak dapat menyuplai otak dan jantung maka kolesterol yang tinggi berisiko stroke dan serangan jantung.

Tingginya kadar kolestrol dalam tubuh menjadi pemicu munculnya berbagai penyakit. Pola makan sehat merupakan faktor utama untuk mengghindari hal ini. Akan tetapi, tidak semua kolestrol berdampak buruk bagi tubuh. Hanya kolestrol yang termasuk kategori LDL saja yang berakibat buruk sedangkan jenis kolestrol HDL merupakan kolestrol yang dapat melarutkan kolestrol jahat dalam tubuh. Batas normal kolesterol dalam tubuh adalah 160–200 mg. Kadar kolesterol yang tinggi dapat diturunkan dengan simvastatin, tetapi simvastatin memiliki efek samping mempercepat timbulnya Katarak atau memperburuk Katarak bagi mereka yang sensitive terhadap obat ini, oleh karena itu sebaiknya gunakan Atorvastatin yang lebih sedikit efek sampingnya dan telah ada Generiknya pula. Seorang dokter menyarankan konsumsi bekatul akan sangat baik bagi kesehatan dan menurunkan kadar kolesterol.[5] Sebenarnya Serat apapun (Oats, Sayur, Buah) akan mengikat sebagian lemak dan dibuang bersama BAB, tetapi yang lebih utama adalah pengaturan makanan tau perogeram (diet) terlebih dahulu.

Akibat penyakit kolesterol

Sepesialis kesehatan mengatakan banyak penyakit yang timbulnya di awali dari kolesterol dan kolesterol salah satu penyakit yang di musuhi oleh tubuh, permasalahan penyakit  yang timbulnya dari kolesterol rata-rata yang menimbulkan kematian karna kolesterol tinggi yang menyebabkan komplikasi penyakit.
  • Penyakit jantung
  • Gagal ginjal
  • Diabetes
  • Gejala setroke 
  • darah tinggi
 

Berapa makanan yang harus di hindari karna adanya penyakit yang menyebabkan kolesterol tinggi diantaranya adalah salah satu.

  • Mengkonsumsi makanan berminyak ataupun gorengan, menteda
  • Susus lemak tinggi, atau sosis
  • Gajih sapi, gajih kambing, daging ungags
  • Telur puyuh

Diatas merupakan gejala penyakit kolesterol tinggi. Selain dengan pola makan yang baik kita juga harus menyegarkan tubuh dan menjaga setamina tubuh juga sangat penting dengan melakukan olah raga secara teratur seperti olah raga lari jalan pagi kurang lebihnya 1 minggu 3x biar menjaga kolesterol baik dan menurunkan kolesterol jahat: Mungkin hanya ini yang saya sampaikan semoga informasi artikel kesehatan ini bisa membantu menurunkan kolesterol anda dan menjadikan tubuh anda selalu sehat dan bugar.  


Previous
Next Post »
Thanks for your comment